Langsung ke konten utama

Alat-Alat Melukis🧑🏻‍🎨


1. KUAS MELUKIS

Saat melukis di atas kanvas besar, ukuran kuas juga harus menyesuaikan. Memakai kuas untuk melukis subjek yang besar akan memakan waktu lebih lama. Namun tidak apa jika objek yang ingin dilukis memiliki detail yang cukup rumit. Fungsi utama kuas besar adalah untuk mempercepat melukis pada bidang yang besar. Sedangkan fungsi kuas kecil adalah untuk memberikan detail pada lukisan tersebut. Saat anda memoleskan kuas, jangan hanya berdiri di satu tempat. Anda perlu bergerak dari kanan ke kiri, dari atas ke bawah agar hasil lukisan benar-benar akurat.









2.CAT MELUKIS

Cat lukis yang paling umum digunakan dan paling banyak diketahui untuk melukis adalah cat akrilik, cat air, cat minyak, dan pastel.Setiap jenis cat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaan setiap jenis cat juga bergantung pada kebutuhan pelukis.









3.KERTAS MELUKIS

dalam kondisi basah kertas akan meregang hebat dan ketika kering partikel itu akan kembali ke posisinya masing-masing, kertas yang tidak kuat akan bergelombang dan lebih parahnya lagi robek atau menjadi bubur ketika di gosok dengan air secara terus menerus, ini salah satu masalah klasik dalam menggunakan media basah diatas kertas. Maka dari itu pentingnya standarisasi dalam kertas Aquarelle dengan ketebalan tertentu yang dihitung dalam satuan luas gram per meter.Perbedaan lainnya adalah pada kertas-kertas yang sehari hari kita temui (dari merk-merk ternama) biasanya sudah free acid / bebas asam, kertas-kertas ini di produksi dalam jumlah besar sehingga dalam pembuatannya menggunakan bahan kimia yang bisa merubah warna kertas menjadi kekuningan setelah beberapa tahun, Aquarelle sendiri tidak dibuat dengan bahan kimia dan tidak diputihkan dengan klorin lalu Aquarelle juga di lapisi lagi oleh gelatin sebelum dikeringkan. Inilah yang membuat cat air menyerap sepenuhnya pada permukaan kertas dan warnanya bertahan cerah bertahun-tahun.








4.Palet Melukis
Palet adalah tempat untuk mencampur cat atau tempat untuk menyiapkan cat sebelum diaplikasikan ke kanvas. Palet yang bagus adalah palet yang bersifat licin karena minyak tak dapat meresap kedalamnya.










5.PISAU PALET








Pisau palet sebenarnya berfungsi untuk mengaduk cat minyak diatas palet agar didapat komposisi warna yang rata, mengkilat dan maksimal. Namun banyak dari maestro lukis menggunakannya sebagai alat lukis seperti pengganti kuas dan untuk meratakan tekstur cat pada kanvas.








6.EASEL MELUKIS












Easel adalah papan untuk menjepit kanvas. Papan ini memiliki kaki dan berdiri agak miring serta dapat di stel naik turun. Sebenarnya papan ini tidak terlalu penting, asalkan kanvas bisa berdiri tegak, dan bisa dilukis tanpa bergerak.


Komentar